Daftar REKSA DANA Syariah Money Market atau Pasar Uang

REKSA DANA Syariah Money Market atau Pasar Uang adalah reksa dana yang mampu memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik melalui investasi pada Instrumen yang sesuai dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal.
Daftar REKSA DANA Syariah Money Market atau Pasar Uang
Reksadana Money Market

Sebagian besar komposisi portofolio reksa dana ini adalah sukuk dan deposito.
REKSA DANA Syariah Money Market atau Pasar Uang
REKSA DANA Syariah Money Market atau Pasar Uang

Sukuk sendiri adalah efek berbentuk sekuritas aset yang memenuhi prinsip syariah di pasar modal. Dan berdasarkan penerbitnya sukuk sendiri dibagi menjadi dua yaitu,
  1. Sukuk negara yaitu sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Undang-undang No. 19 tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dan
  2. Sukuk korporasi yaitu sukuk yang diterbitkan oleh perusahaan, baik perusahaan swasta maupun Badan Umum Milik Negara (BUMN), berdasarkan peraturan OJK No. 18/POJK.04/2005 tentang penerbitan dan persyaratan sukuk.

Untuk suku korporasi maka aset yang menjadi dasar diterbitkannya sukuk tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal yang terdiri dari atas,
  1. Aset berwujud tertentu (a’yan maujudat);  
  2. Nilai manfaat atas aset berwujud (manafiul a’yan) tertentu baik yang sudah ada maupun yang akan ada;
  3. Jasa (al khadamat) yang sudah ada maupun yang akan ada;
  4. Aset proyek tertentu (maujudat masyru’ mu’ayyan); dan/atau
  5. Kegiatan investasi yang telah ditentukan (nasyath ististmarin khashah).
[sumber: http://www.idx.co.id/idx-syariah/produk-syariah/]

Nah, jika Anda adalah orang yang sangat perhatian dengan kehalalan instrument investasi maka ringkasan panduan tersebut diatas dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan ketika akan membeli reksa dana. Sekaligus reksa dana jenis ini bisa Anda gunakan untuk menjaga modal Anda tetap stabil dan tetap likuid sebagai tabungan yang bisa  diambil kapan saja.

Untuk produk reksa dana syariah money market atau pasar uang sendiri jumlahnya tidak terlalu banyak.
  1. Bahana Likuid Syariah (BTCWLKS:IJ)
  2. Mandiri Pasar Uang Syariah (MBPUSUS:IJ)
  3. MNC Dana Syariah Barokah (MNCDSYK:IJ)

Ketika kami mencari daftar reksa dana syariah money market atau pasar uang kami masih hanya menemukan 3 (tiga) reksa dana seperti tersebut diatas.

Jika Anda penasaran dengan kinerjanya silahkan Anda lihat / pelajari grafik performance nya yang bisa Anda lihat melalui media blommberg atau portal reksa dana Indopremier.
Daftar REKSA DANA Syariah Money Market atau Pasar Uang
Grafik Performance Reksa Dana

Selamat berburu Happy Cuan dan semoga Barokah usahanya....