Kisah Sukses Bisnis Laundry (Cuci Baju)

Kisah sukses bisnis laundry (cuci baju), bisnis laundry sekarang ini sudah banyak menjamur di seluruh berbagai daerah. Usaha yang memberikan jasa cuci pakaian ini semakin banyak diburu oleh sebagian orang demi alasan kepraktisan.
Sukses Bisnis Laundry (Cuci Baju)
Sukses Bisnis Laundry (Cuci Baju)

Namun siapa yang bisa menyangka bahwa inovasi sistem franchise usaha laundry yang awalnya sekedar iseng mampu membuat Rahajeng Sasi Kirana (32) yang merupakan pemilik Sun Pretty Laundry sukses membuka 22 gerai bisnis laundry-nya di berbagai kota di Indonesia.

Sang pemilik bisnis laundry (Sasi, biasa ia dipanggil) pernah bekerja di LBB Primagama Yogyakarta sebagai accounting sekaligus tentor sebelum akhirnya terjun di bisnis laundry.

“Dulu waktu saya di Jogja, melihat banyak sekali tempat laundry yang semuanya ramai. Dari situlah berpikir kenapa nggak buka bisnis laundry saja.

Sasi Kirana Sun Pretty Laundry
Sasi Kirana
Sun Pretty Laundry yang didirikan sejak 2010 hingga saat ini telah berkembang hingga memiliki 22 gerai di berberapa kota di luar Solo.

Dengan bermodal Rp. 2 juta dan mesin cuci pinjaman dari ibunya akhirnya ia nekat memulai usaha laundry di rumah eyangnya yang terletak di belakang kampus Universitas Slamet Riyadi Solo.

Diawal usaha, Sun Pretty Laundry yang terletak di Jl Kalingga VII No 18 Solo  ini berusaha menarik pelangganya dengan sistem delivery service. Baju kotor diambil dari tempat pelanggan kemudian dibawa ke gerai dan diantar kembali ke pelanggan setelah bersih.

“Awalnya, saya ambil sendiri cucian kotor pelanggan dengan motor dan saya taruh di depan. Seringkali karena banyaknya cucian wajah saya sampai tertutup,” kenang wanita yang lahir 28 Oktober 1980 ini sambil tersenyum.

Melihat persaingan bisnis laundry yang cukup ketat maka Sasi berinisiatif membuka peluang kemitraan untuk bisnis laundry-nya tersebut.
Lokasi Bisnis Laundry
Lokasi Bisnis Laundry

“Mitra bisnis pertama saya adalah Ibu Zulkarnain dari Makassar. Sekarang setelah berjalan kurang lebih 3 tahun sudah 22 gerai yang buka” ujarnya dengan bangga. Gerai Sun Pretty Laundry kini telah tersebar diantaranya di Surabaya, Tulungagung, Semarang, Sragen, Jakarta, Banjarmasin, Makassar, Batam, dan Bali

Sasi Kirana dengan Bisnis Sun Pretty laundry yang merupakan usaha jasa di bidang laundry membuka bisnis dengan sistem kemitraan.

Menariknya dalam bisnis kemitraan Sun Pretty Laundry ini, Sasi tidak memberlakukan royalty fee. “Semua keuntungan yang telah diraih oleh mitranya akan menjadi 100% milik mitra tersebut. Dan ini tentu sangat menguntungkan”. Sun Pretty Laundry menawarkan berbagai macam paket franchise yang antara lain adalah paket cute, charm, smart, dan briliant dengan nilai investasi mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 70 juta.

Sang pemilik bisnis laundry mengaku bahwa selama ini ia mengandalkan jejaring sosial sebagi media promosinya. “Sekarang twitter, facebook, dan website terbukti ampuh sebagai media promosi. Buktinya, tak hanya di Solo, Sun Pretty Laundry juga dikenal di berbagai kota di Indonesia”.

Tips Sukses Bisnis Laundry (Cuci Baju)

Sebelum kita berbicara tips sukses menjalankan bisnis laundry atau cuci baju, kita harus ingat bahwa nggak ada yang sukses dalam waktu semalam.

Jadi, jika kamu adalah pemain baru di bisnis laundry atau sedang berpikiran akan membuka usaha laundry. Kamu harus tahu bahwa pada saat ini sudah banyak sekali usaha nyuciin baju orang seperti ini.

Sehingga jika kamu ingin berhasil maka kamu harus bisa bersaing dengan mereka yang sudah dulu membuka usaha. Kamu bisa menurunkan harga jasa laundry kamu tetapi tanpa harus mengurangi kualitas.

Dan kamu harus tetap professional bekerja.

Jika kamu nggak bisa menurunkan harga maka kamu bisa memberikan pelayanan dan kualitas yang lebih baik dibandingkan pesaing kamu.

Selain itu kamu juga bisa memberikan layanan antar jemput gratis, bonus cuci baju, dan/atau hadiah menarik lainnya kepada para pelanggan kamu. Karena hal yang sepertinya dianggap remeh ini sangat mempengaruhi keputusan calon pelanggan untuk tetap setia menggunakan jasa kamu.