Cara Membeli dan Menjual REKSA DANA

Jika kita sudah mengetahui apa yang disebut dengan REKSA DANA dan berbagai macam jenisnya (REKSA DANA Umum dan REKSA DANA Syariah) maka langkah berikutnya adalah mengetahui bagaimana cara membeli dan kemudian menjualnya kembali di pasar untuk merealisasikan keuntungan hasil investasi.
Cara Membeli dan Menjual REKSA DANA
Cara Membeli dan Menjual REKSA DANA

Untuk membeli reksa dana kita memang harus datang ke masing-masing Manajer Investasi reksa dana yang dimaksud. Hal ini memang berbeda ketika kita membeli berbagai macam saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) kita hanya perlu mendaftar / membuat akun ke salah satu broker saham kemudian kita sudah leluasa memilih saham yang akan dibeli.

Tetapi sekarang ini sudah ada yang namanya portal reksa dana yaitu Indopremier yang bisa memfasilitasi kita melakukan transaksi jual-beli reksa dana yang ada di Indonesia. Dan proses pendaftaran akun atau proses menjadi nasabahnya sangat mudah sekali dilakukan karena prosesnya cepat dan hanya memerlukan dokumen standar saja.

Langkah Pertama Membeli dan Menjual REKSA DANA

Mendaftar ke portal reksa dana dalam hal ini adalah portal reksa dana Indopremier sebagai contohnya dan silahkan Anda ikuti seluruh prosedur yang ada termasuk memenuhi persyaratan dokumen yang diminta.
cara Membeli dan Menjual REKSA DANA
Membuka akun investasi REKSA DANA

Jika Anda sudah terdaftar selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih reksa dana dari daftar yang ada termasuk didalamnya adalah reksa dana umum, reksa dana syariah, ETF umum, dan ETF syariah.

Langkah Kedua Membeli dan Menjual REKSA DANA

Kemudian tentukan terlebih dahulu Anda akan memilih jenis reksa dana yang mana (apakah reksa dana umum atau syariah?) kemudian silahkan Anda pilih reksa dana yang mempunyai peluang menghasilkan return atau tingkat pengembalian yang paling besar dan untuk menemukan reksa dana yang seperti ini silahkan Anda saring / filter reksa dana yang jumlahnya ratusan tersebut sehingga Anda akan menemukan reksa dana yang mampu menghasilkan return paling baik dalam periode 1 tahun, 3 tahun, atau 5 tahun.
daftar reksa dana
Daftar Reksa Dana

Didalam portal reksa dana ini kita memang sudah dapat dengan mudah menemukan reksa dana mana yang mampu menghasilkan return / tingkat pengembalian modal yang paling tingg tetapi perlu Saya sampaikan bahwa daftar reksa dana tersebut belum semuanya dapat dibeli secara langsung melalui portal reksa dana ini melainkan Anda harus menghubungi Manajer Investasinya terlebih dahulu sebelum Anda bisa membelinya.
Daftar seluruh reksa dana di portal Indopremier
Daftar seluruh reksa dana di portal Indopremier

Dan dari kegiatan filter tadi Anda akan menemukan reksa dana terbaik dan pada saat ini peringkat reksa dana terbaik tersebut jatuh pada REKSA DANA Sucorinvest Equity Fund yang mampu memberikan return sebesar 69,48% selama 3 tahun.

Langkah Ketiga Membeli dan Menjual REKSA DANA

Ini adalah langkah terakhir yaitu membeli / menjual reksa dana dengan cari menekan tombol B / S yang artinya tombol "B" untuk Buy / Beli dan tombol "S" untuk Sell / Jual.
Cara Membeli dan Menjual REKSA DANA
Jual / beli Reksa Dana

Setelah menekan tombol ini maka Anda akan tahu berapa minimal pembelian / penjualan sekaligus biayanya.

Dan ternyata minimal pembelian reksa dana adalah Rp 100.000,- ya hanya Seratus Ribu Rupiah atau sebesar uang jajan yang kita berikan kepada anak kita #GAK MAHAL sehingga anak kecil pun kemungkinan besar mampu membeli reksa dana.

Cara ketiga ini juga berlaku ketika kita akan menjual reksa dana yaitu tinggal tekan tombol "S" atau Sell / Jual kemudian pilih jumlah reksa dana yang akan dijual dan perlu diingat jangan sampai melebihi jumlah reksa dana yang Anda miliki loh ya karena tidak akan pernah bisa.

Gimana? ternyata mudah kan cara membeli dan menjual Reksa Dana melalui portal reksa dana Indopremier.